Home » » Menanak nasi dengan air teh dapat cegah penyakit

Menanak nasi dengan air teh dapat cegah penyakit

Beberapa manfaat menanak nasi dengan menggunakan air teh pada kesehatan kita:

- Cegah kardiovaskular

Teh banyak mengandung polifenol, yang dapat meningkatkan ketahanan dan mencegah pecahnya dinding kapiler pembuluh darah. Selain itu polifenol dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan menghambat aterosklerosis (penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah).

Bila orang lanjut usia sering mengonsumsi nasi yang ditanak dengan air teh, dapat membuat elastisitas pembuluh darah, mengurangi lemak darah dan mencegah penyakit jantung.

Zat tanin yang terkandung dalam teh juga efektif untuk mencegah stroke. Stroke merupakan salah satu formasi lipid peroksida dalam tubuh manusia yang dapat mengurangi elastisitas dinding pembuluh darah, tanin dalam teh berperan mengekang pembentukan lipid peroksida.

- Efek anti kanker

Pada suhu 37 °C dan keadaan asam yang sesuai, makanan mudah menghasilkan nitrosamine karsinogenik. Menanak nasi dengan air teh efektif mencegah pembentukan nitrosamine, sehingga mencapai tujuan pencegahan kanker usus (gastrointestinal).

- Cegah penyakit gigi

Zat fluoride yang terkandung dalam teh merupakan zat yang sangat dibutuhkan gigi. Bila secara kontinyu sejumlah kecil fluoride meresap dalam sel gigi, dapat meningkatkan ketahanan, daya anti asam dan mencegah karies gigi.

Teh mengandung fluoride, adalah bahan dentin diperlukan. Jika sejumlah kecil fluoride dapat kontinyu direndam dalam jaringan gigi, gigi dapat meningkatkan ketahanan, dan kapasitas asam, untuk mencegah karies gigi.
Cara menanak nasi

Ambil 1-3 gram teh, kemudian masukkan kedalam air panas sebanyak 500-1.000 cc selama 4 - 9 menit. Kemudian saring hingga jernih dan buang ampasnya.

Air teh yang telah bermalam tidak boleh digunakan menanak nasi.

Cuci bersih beras, lalu masukkan kedalam rice cooker. Tuangkan air teh hingga melebihi 3 cm dari permukaan beras. Tanak hingga matang dan sajikan. (The Epoch Times/fgl).....:ilovekaskus
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger