Home » » 13 Tips Agar Laptop Panjang Umur

13 Tips Agar Laptop Panjang Umur

Hm... Laptop. Bagi saya dan sebagian besar temen-temen saya, laptop tuh udah kayak soulmate. Dikasih nama segala (serius, laptop saya aja namanya Rakun). Temen saya yang geje malah bikin puisi buat sang laptop tercinta. Udah lupa ma pacar ndiri tuh! Haha...

Lagian ada juga sebagian orang yang menganggap laptop tuh kayak tv, dipake terus dalam waktu yang lama. Ya gak papa...tapi jadi gak update dengan teknologi baru donk! Itu mah, terserah orangnya dan kebutuhan berlaptopnya....

Tapi yang jelas, udah jadi keharusan untuk merawat laptop. Mau notebook, netbook, tablet, tetep, semua harus dirawat. Berikut tips-tips dari saya, diambil dari berbagai sumber.

1. Hati-Hati Saat Berinternet.
Spyware, virus, cracker, semua selalu mengancam. Kegiatan paling rawan saat berinternet antara lain download software, social networking dan game online (terutama poker!), belanja online.

2. Selalu jaga kondisi temperatur laptop.
Jangan gunakan softcase atau sarung laptop saat berlaptop ria. Bagusnya lagi, selalu pakai cooling pad! Sesuaikan posisi fan cooling pad dengan ventilasi udara di bagian bawah laptop agar sirkulasi udara sesuai dan suhu terjaga. Prosesor yang terlalu panas bisa terbakar, beneran loh! Terus jangan langsung tutup laptop setelah digunakan. Suhu laptop masih panas, dan udara panas yang terjebak bisa berimbas pada layar yang rusak.

3. Jaga harddisk dan layar laptop. Kedua bagian ini paling rawan dari kerusakan. Harddisk gampang kegores, dan layar rentan terhadap tekanan. Jangan memindah-mindah laptop saat sedang digunakan, karena head harddisk menggores cylinder saat sedang bekerja sehingga akan berakibat fatal. Juga jangan meletakkan benda-benda di atas laptop saat laptop ditutup. Bahaya...!

4. Segera lepaskan konektor charger saat baterai fully-charged. Rata-rata, ngecas kelamaanlah yang menjadi penyebab layar laptop cepat rusak, lagipula umur baterai juga jadi cepet drop. Ini tips dapat waktu beli laptop dulu, hehehe...

5 . Pakai keyboard protector. Celah-celah antar tombol laptop merupakan pintu masuk menuju komponen dalam laptop. Debu saja sudah bisa jadi masalah, apalagi kalo sampe cairan semacam kopi yang selalu menemani programming. Aa!! Tidak!! Wait, jangan lupa, keyboard protector yang baik tidak mengganggu tangan saat mengetik, tidak merusak permukaan tombol keyboard, dan tetap memiliki sirkulasi udara yang baik.

6 . Jauhkan laptop dari benda-benda bermagnet kuat. Termasuk juga pengeras suara , alat berat atau alat getar lainnya, sinar x-ray di bandara. Jeleknya, kalo nonton tv sambil laptopan. Gak hemat energi juga kan? Hindari sinar matahari langsung.

7 . Suka nge-LAN? Berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel RJ-45 atau konektor lain ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.

8 . Saat laptop tidak digunakan dalam waktu yang agak lama, simpan laptop dalam tas dan masukkan silica gel. Silica gel ini berguna untuk menyerap air atau kelembaban. Bila perlu, lepas baterai. Masukkan ke kantung plastik tertutup, bisa juga disimpan di kulkas.

9. Gunakan selalu tas laptop saat bepergian.
Untuk mencegah kotor, juga melindungi terhadap benturan.

10 . Jika laptop bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat. Karena mungkin saja kerusakan malah akan menjadi semakin berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi, membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.

11 . Sentuhlah dengan cinta. Ceileh! Maksudnya, ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah. Saat membuka, gunakan dua tangan. Satu untuk membuka, satu untuk menahan bagian bawah. Pelan-pelan, jangan asal glodak brak!

12 . Berhati-hati saat menggunakan CD. Saat ingin memasukkan dan mengeluarkan CD, jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Peganglah compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.

13 . Jangan lupa dibersihkan.
Bukan dicuci, dipel, dijemur, apalagi disetrika, dikasih pewangi celup apa semprot... Ya dilap, dibersihkan pakai kuas lembut... Atau lebih mudahnya, coba produk cleansing kit untuk laptop dan patuhi petunjuk penggunaannya.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger