Home » » Tips menjadikan PC Tua Menjadi Muda Lagi

Tips menjadikan PC Tua Menjadi Muda Lagi

Jangan buang dulu PC berumur milik sobat, dengan beberapa tips dan teknik, maka PC sobat akan menjadi muda lagi :D. Tapi bagimana caranya ANAS? Tentunya tanpa biaya sedikitpun, terutama pada bagian hardware. ANAS akan kasih tip dan sobat bisa lakukan semuanya atau sebagian saja (sesuaikan dengan tingkatan PC sobat). Tanpa panjang lebar lagi mari kita simak bersama-sama

Mengamankan Aplikasi
Untuk urusan update antivirus, ANAS percaya sobat sudah bisa semua. Jika FANAS bertanya "Tahukah sobat bahwa setiap aplikasi memiliki lubang yang kapan saja bisa disisipi virus, spyware, malware, dan teman-temannya?" kemungkinan terbesar sobat akan jawab tidak tahu.
ANAS memberikan referensi sebuah software yang dapat mengenali lubang-lubang keamanan pada tiap aplikasi. Software tersebut ialah Secunia PSI. Secunia PSI memberitahukan dimana saja letak celah keamanan pada PC sobat. Sobat bisa unduh di www.secunia.com

Membersihkan PC
Mengingat Idonesia berada pada wilayah tropis, ini membuat datangnya debu yang bertebaran dimana-mana. Ini bisa berimbas pada PC sobat. Kedengarannya memang sepele, tapi debu bisa buat fan (kipas) pada fan casing, fan processor ataupun fan GPU jadi macet. Ini akan berpengaruh pada kinerja pendinginan atau sirkulasi udara pada PC.

Membersihkan Windows
Ada sebuah fitur dalam Windows yang mungkin dilupakan, yaitu Disk Cleanup yang bisa membersihkan file-file sampah seperti Office temporary file dan report error. Untuk menggunakan fitur ini sangat mudah :
Buka My Computer>>klik kanan pada drive yang ingin sobat bersihkan>>Properties>>muncul windows baru>>Disk Cleanup
Pada Disk Cleanup sobat bisa melakukan pembersihan pada Downloaded Program File, Temporary Internet File, Microsoft error Reporting Temporary File, dan teman-temanya. Efek setelah digunakan akan membuat PC menjadi lebih cepat dan ruang hardisk menjadi lebih banyak.


Mengompresi File-File
Melakukan kompresi file dalam kapasitas kecil sudah biasa. Bagaimana jika sobat melakukan kompresi dengan kapasitas ratusan GB? ANAS tidak akan menggunakan WinRAR dan sejenisnya. Tapi ANAS akan memakai fitur asli dari Windows yaitu Compress Old File. Caranya buka My Computer>>Klik drive yang ingin sobat kompres>>Properties>>muncul window baru>>Disk Cleanup (Pastikan pilihan Compress Old File tercentang)>>pilih option (bagian bawah)>>sobat tentukan berapa lama umur file yang ingin sobat kompres (misal sampai 6 bulan yang lalu). File yang telah terkompres akan berubah warna menjadi biru.

Melakukan Update driver
Melakukan update driver menjadi salah satu keharusan, karena peran driver sangat penting dalam PC.

Membersihkan Malware
Adanya malware akan sangat berpengaruh pada PC, belum lagi ada keamanan data yang terancam pada PC sobat.

Membersihkan Harddsik dari Trialware
Banyaknya softare gratis membuat sobat menjadi penasaran dan mencobanya di PC. Namun, apakah sobat sudah tahu bahwa softare gratis itu adalah Trial (bukann full), maka jika sudah kadaluarsa, ia akan ttap menetap pada PC dan ini akan membuang-buang kapasitas harddisk pada PC sobat.

Membersihkan Aplikasi yang tidak terpakai
Sobat pernah mengalami aplikasi tidak bisa di uninstall? Sangat menjengkelkan bukan? Ini akan berimbas pada kotornya registry PC sobat dan akan memperlambat kinerja PC sobat. ANAS pakai CCleaner untuk melakukan uninstall yang membandel.

Optimalkan Startup
Hilangkan atau nonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak berguna seperti Adobe updater atau updater lainnya.

Melakukan Tweaking
Tweaking Windows. Pasti sobat sudah kenal betul dua kata tersebut. Tweaking bertujuan untuk membuat OS bekerja lebih cepat dari pada sebelumnya.

Melakukan Defrag HDD
Sebelumnya ANAS pernah membahas tentang hal-hal yang dapat menambah Speed PC (baca:
23 Jalan untuk menambah Speed XP, tidak hanya Defrag) .Defrag harddsik pun merupakan wahana untuk mengoptimalkan PC sobat.

Mengoptimalkan RAM
Sudahkan sobat memasang RAM secara benar? Saat ini RAM sudah didukung dual channel dan tri channel. Tipe tersebut sama-sama meningkatkan bandwidth dari masing-masing RAM.

Sekiranya Trik dari ANAS, semoga trik tersebut akan membuat PC sobat menjadi muda lagi
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger