Home » » Ada Ikan 'Dewa' di Cibulan

Ada Ikan 'Dewa' di Cibulan

WISATA alam Cibulan, Kuningan, Jawa Barat, tampaknya makin diminati wisatawan karena menyajikan atraksi ikan ‘Kancara Putih’ atau disebut juga ikan dewa dan tujuh sumur yang diyakini sebagai petilasan Prabu Siliwangi.

"Ratusan pengunjung terutama pada hari libur berkunjung ke wisata alam Cibulan, disamping menyaksikan atraksi ikan kancara putih juga mengambil air di tujuh sumur (mata air)," kata seorang pawang ikan kancara putih Pulung di Cibulan, Senin (2/8).

Cibulan yang lokasinya sekitar tujuh kilometer dari Kuningan, atau sekitar 28 kilometer ke arah Selatan Cirebon tersebut memiliki tiga kolam ikan kancara putih.

Menurut Pulung, ikan kancara putih disebut juga ikan kramat namun pengunjung bisa mandi di kolam dan "bercanda" dengan ikan-ikan tersebut. Pengunjung juga bisa diabadikan dengan cara mengangkat ikan beberapa saat.

"Ada sepuluh ekor yang bisa diangkat ke permukaan karena sering dipijat-pijat dan dielus-elus. Khusus hari Minggu banyak pengunjung yang ingin diabadikan, terutama anak-anak dan ibu-ibu, " katanya.

Ikan kancara putih yang mirip dengan ikan mas ini beratnya ada yang sudah 10 kilogram per ekor. "Tetapi yang biasa diangkat ke permukaan beratnya berkisar antara enam dan delapan kilogram/ekor," ujar Pulung.

Jumlah ikan yang ada di kolam ini diduga ratusan bahkan ribuan. Jumlah ini tampaknya tidak pernah bertambah dan berkurang.

Sementara itu, kolam-kolam yang ada di lokasi wisata Cibulan setiap dua minggu sekali dikuras. "Pengurasan paling membutuhkan wakktu sekitar tiga jam. Kolam tersebut tidak pernah kering sepanjang tahun," kata Pulung
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger