Home » » SBY tuntut keadilan bagi Sumiati

SBY tuntut keadilan bagi Sumiati

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini (16/11) membentuk misi ke Arab Saudi untuk memastikan Sumiati Binti Salam Mustapa mendapat perlakuan yang baik setelah penganiayaan yang dia derita.

Sumiati asal Dompu, Nusa Tenggara Barat diduga disiksa oleh majikan perempuan dan putrinya di rumah mereka di Madinah.

Dia mengalami luka dari kepala hingga kaki, antara lain dibakar dengan seterika dan bibirnya digunting.

"Saya ingin hukum ditegakkan. Saya ingin ada misi, bikin tim untuk berangkat ke Saudi Arabia untuk memastikan bahwa yang bersangkutan mendapatkan perawatan, pengobatan yang terbaik. Yang kedua penegakan hukum. Saya mendengar berita katanya ada upaya-upaya untuk mengaburkan. Jangan sampai terjadi. Kebenaran harus ditegakkan," kata presiden.

Adapun pejabat yang ditugaskan untuk memimpin misi itu adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar.

"Karena biasanya kalau di negara Arab Saudi perempuan dan laki-laki sangat dibedakan. Kebetulan beliau adalah menteri peranan perempuan dan perlindungan anak, sehingga mungkin lebih leluasa untuk melakukan pendampingan kepada Saudari Sumiati tersebut," kata Menkopolhukam Joko Suyanto usai sidang kabinet terbatas, Selasa.

Belum ada tindak lanjut

Konsul Indonesia untuk Perlindungan WNI di Arab Saudi Didi Wahyudi mengatakan KBRI di Arab Saudi, telah melaporkan kasus penganiayaan serius ini kepada kepolisian di kota Madinah Selasa pekan lalu (9/11) namun hingga kini belum ada tindak lanjut.

"Begitu dengar kita langsung kirim orang ke Madinah untuk mencek kebenarannya dan memang benar dia disiksa kemudian kita laporkan kepada polisi," kata Didi Wahyudi kepada BBC Indonesia.

Pihaknya meminta keadilan atas kasus penganiayaan berat yang dialami Sumiati.

"Artinya, kalau keadilan yang bersalah ditangkap, ditahan, dituntut dan dijatuhi hukuman," tegasnya.

Akan tetapi, kepolisian Arab Saudi sejauh ini belum menangkap majikan perempuan dan putri majikan meski pengaduan polisi telah diajukan Selasa lalu.

"Begitu hari Selasa kita laporkan, hari Rabu libur dan di sini kalau sudah ditangani oleh seorang , libur ya libur," kata Didi.

Polisi yang menangani kasus Sumiati, tutur Didi, masih libur dalam rangka Idul Adha dan paling cepat hari Sabtu mendatang polisi baru akan menindaklanjuti kasus ini.

Kondisi Sumiati, yang masih dirawat di Rumah Sakit King Fahd, Madinah sudah stabil secara klinis tetapi secara psikoligis belum stabil.

Sumiati tiba di Arab Saudi pada 18 Juli 2010. Dia dijanjikan upah 800 riyal Saudi per bulan sebagai imbalan bekerja bagi suatu keluarga di Madinah.

Kisah penyiksaan Sumiati terungkap hari Senin pekan lalu ketika dia dibawa ke sebuah rumah sakit swasta di Madinah.

Pihak rumah sakit menyimpulkan luka-luka yang dia diderita terlalu parah dan mereka merujuknya ke Rumah Sakit Raja Fahd.

Menurut seorang petugas RS Raja Fahd tubuh Sumiati mengalami luka bakar di beberapa bagian.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger