Home » , » Bendera Jenderal Custer laku Rp19 miliar

Bendera Jenderal Custer laku Rp19 miliar

Sebuah bendera panji pertempuran yang dibawa Letnan Jenderal George Armstrong Custer dan pasukan kavaleri ketujuhnya dalam pertempuran Little Big Horn laku terjual sebesar Rp 19 milar lebih di balai Lelang Sotheby's New york.

Dalam pertempuran yang terjadi di Negara Bagian Montana, Amerika Serikat tahun 1876 tersebut, bendera itu adalah satu-satunya lambang-lambang militer yang tidak hilang atau direbut lawan dalam pertempuran yang merupakan bagian dari Perang Besar Sioux 1876-1877 itu.

Sebelum terjual, bendera itu ditawarkan dengan harga permulaan AS$ 5 juta atau lebih dari Rp 45 miliar. Bendera bersejarah itu akhirnya dibeli oleh seorang kolektor asal Amerika Serikat.

Meski harga yang diperoleh jauh di bawah tawaran awalnya, namun Rp 19 miliar sangat jauh selisihnya jika dibandingkan dengan harga awalnya. Pemilik sebelumnya adalah Institut Seni Detroit yang sudah menyimpan bendera itu sejak 1895. Saat itu, bendera bersejarah tersebut hanya AS$ 54 atau sekitar Rp 500.000 saja.

"Kami akan pergunakan uang hasil penjualan bendera itu untuk memperkaya koleksi seni asli Amerika kami," kata Direktur Museum detroit Graham Beal.

Jenderal Custer dan sekitar 200 orang prajuritnya terbunuh saat menghadapi ribuan pejuang suku Indian Lakota Sioux dan Cheyenne Utara yang dipimpin Sitting Bull dan Crazy Horse. Pertempuran itu terjadi akibat upaya Jenderal Custer untuk merebut wilayah Black Hills ke pangkuan pemerintah Amerika Serikat.

Bendera itu ditemukan di bawah jasad seorang prajurit Amerika yang tewas dalam pertempuran Little Bighorn atau dalam versi pemenang perang disebut Pertempuran Greasy Grass Creek.

Bendera itu kemudian dinamakan panji-panji Culbertson sesuai dengan nama Sersan Ferdinand Culbertson yang menemukan bendera itu di medan pertempuran.

sumber : bbc.co.uk
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger