Home » » Hati-hati Mengucek Mata Timbulkan Kebutaan

Hati-hati Mengucek Mata Timbulkan Kebutaan


Liputan6.com, Jakarta: Mengucek mata ternyata bisa menyebabkan kebutaan? Itulah yang diteliti dalam studi yang diadakan di Sydney, Australia. Dalam studi mengungkapkan bahwa kebiasaan mengucek mata bisa mengganggu kesehatan mata yaitu penyakit glaucoma atau kebutaan.

Indera yang paling sensitif adalah mata, bahkan menurut professor Charles McMonnies dari University of New South Wales Shool of Optometry and Vision Science, gosokan ke mata dengan lembut sekalipun bisa mengingkatkan tekanan yang ke depannya bisa memicu dan berdampak terjadinya kebutaan. Dalam studi lain mengatakan bahwa kebutaan dan penyakit mata yang berkaitan dengan tekanan mata lainnya. juga bisa dipicu oleh pemakaian kaca mata renang, tidur menelungkup, atau melakukan olahraga tertentu di gym. Dalam Medical News. Professor McMonnies mengatakan bahwa Setiap sentuhan yang mengenai kelopak mata, bisa meningkatkan tekanan mata. Sentuhan ringan akan menambah sedikit tekanan tapi sentuhan yang kuat bisa memicu peningkatan tekanan 3-5 kali dari tekanan normal. Profesor McMonnies juga menyarankan dalam menyeka mata ketika sedang berair sebaiknya berhati-hati, apalagi ketika Anda harus membersihkan riasan wajah di sekitar mata.

Kenapa mengucek mata itu berbahaya? Karena ketika Anda mengucek mata maka tangan Anda akan kontak langsung dengan kelopak mata. Dengan ini maka tekanan mata bisa meningkat menjadi 10 kali lipat dari normalnya. (KBTKI)
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger