Home » » Rumah Orang Terkaya di India Dirawat 600 Pekerja

Rumah Orang Terkaya di India Dirawat 600 Pekerja

Kalau orang kaya membangun rumah seperti istana, itu sudah biasa. Tapi, orang terkaya di India, Mukesh Ambani, punya cara lain. Dia membuat gedung pencakar langit sebagai rumahnya yang baru. Kediaman itu mempunyai 27 lantai dan bernilai 630 juta Poundsterling, demikian tulis The Telegraph, Kamis (14/10).


Rumah dengan 27 lantai itu mempunyai klub kesehatan yang dilengkapi sebuah pusat kebuaran, studio menari, 'ballroom', ruang tamu, sejumlah 'lounges' dan sebuah bioskop dengan 50 tempat duduk. Bahkan ia juga membangun sebuah taman gantung lengkap dengan pohon-pohon kecil.

Ambani bersama istri dan tiga anaknya pindah ke rumah yang dinamainya Antilia, sesuai dengan nama sebuah pulau dalam dongeng.

Rumah itu dilengkapi dengan tiga 'helipad' di atapnya dan juga memiliki sebuah tempat parkir bawah tanah yang bisa memuat 160 mobil.

Dari puncak rumah yang setinggi 173 meter itu akan tampak pemandangan Kota Mumbay dan Laut Arab.

Pengusaha berusia 53 tahun itu bukan saja orang terkaya di India tetapi juga berada di urutan keempat untuk ukuran dunia. Rumahnya dilaporkan memiliki luas 37.000 meter persegi yang artinya lebih dari luas Istana Versailles, di Perancis. Untuk merawat rumah itu ia mempekerjakan 600 pelayan.

Apa yang disebut 'rumah' ini bukanlah rumah pada umumnya. Ini adalah bangunan 27 lantai yang menjulang di langit Kota Mumbai. Bangunan setinggi 173 meter ini juga memiliki tiga helipad di atap.

Sementara di bagian bawah, tersedia area parkir yang mampu memuat 160 mobil sekaligus. Tamu juga tak perlu ngosngosan mendaki tangga, sebab sembilan lift siap sedia naik turun setiap saat.

'Antilia' dibangun dari kaca, baja, dan ubin. Juga, dilengkapi dengan taman gantung empat lantai yang dirancang untuk menjaga ruangan tetap dingin di musim panas dan hangat di musim dingin. Keluarga Ambani rencananya akan menggelar pesta syukuran rumah mereka pada 28 Oktober mendatang.

Tak perlu heran bagaimana Ambani mampu membangun rumah semegah ini. Pria berusia 53 tahun ini bukan hanya orang paling kaya di India, tapi juga berada di urutan keempat manusia paling makmur sejagat.

Saat ini, kekayaan Ambani mencapai sekitar 29 miliar dolar AS alias sekitar Rp 261 triliun. Namun, empat tahun lagi, kekayaannya diperkirakan membengkak menjadi 62 miliar dolar AS. Majalah Forbes memprediksi ia akan berada di tahta orang terkaya sedunia pada tahun 2014.

Ambani adalah pemilik Reliance Industries, konglomerasi bisnis India yang bergerak di bidang petrokimia, pertambangan, pembangkit, serta minyak dan gas. Kini, kerajaan bisnisnya terus merangsek ke berbagai bidang.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger