Home » » Peti mati pembunuh Presiden Kennedy dilelang

Peti mati pembunuh Presiden Kennedy dilelang

Peti mati yang digunakan untuk jenazah Lee Harvey Oswald akan dilelang dalam waktu beberapa pekan mendatang.

Pria yang diyakini menembak mati Presiden John F Kennedy itu dikuburkan dalam peti mati dari kayu pinus selama hampir 20 tahun.

Kuburannya dibuka pada tahun 1981 karena istrinya ingin memastikan bahwa jenazah di dalam peti adalah suaminya dan kemudian dimakamkan kembali dengan menggunakan peti mati baru di tempat pemakaman yang sama di Texas.

Pejabat lelang mengatakan tawaran awal untuk peti mati itu adalah US$1.000 dan diperkirakan harga akhir nanti akan jauh lebih tinggi.

"Banyak yang tertarik dengan hal-hal tentang Kennedy dan pembunuhan terhadap dirinya," kata Laura Yntema, manajer rumah lelang Nate D Sanders di Los Angeles.

Teori konspirasi

Lee Harvey Oswald ditangkap sekitar satu jam setelah Presiden Kennedy ditembak mati di Dallas pada tanggal 22 November 1963.

Dia ditembak mati dua hari kemudian oleh Jack Ruby yang membuat pengadilan terhadap Oswald tak mungkin digelar.

Sejumlah teori konspirasi membayang-bayangi siapa yang sebenarnya menembak JFK dan mengapa Lee Harvey Oswald dibunuh.

Pembongkaran atas jenazahnya pada tahun 1981 itu dimaksudkan untuk memadamkan salah satu teori konspirasi itu, bahwa pria yang dikuburkan itu adalah agen rahasia Soviet yang mengambil identitas Oswald dan melakukan pembunuhan terhadap JFK.

Selain peti mati, lelang di Los Angeles juga dilakukan atas beberapa peralatan yang digunakan untuk membalsem jenazah Oswald, sertifikat kematiannya, kartu Hari Raya Paskah, dan bagian dari kursi tempat duduk tempat Presiden Kennedy ketika ia ditembak.

Sumber : bbc.co.uk
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger