Home » » Komisi Eropa selidiki Google

Komisi Eropa selidiki Google

Komisi Eropa meluncurkan penyelidikan atas Google setelah sejumlah perusahaan mesin pencari online lain mengeluh bahwa Google menyalahgunakan posisinya yang dominan.

Badan itu mengatakan pihaknya akan menyelidiki apakah mesin pencari terbesar di dunia itu menurunkan peringkat perusahaan-perusahaan saingannya dalam hasil pencarian Google.

Penyelidikan diluncurkan setelah situs perbandingan harga Inggris Foundem dan mesin pencari masalah hukum Prancis ejustice.fr mengajukan keluhan resmi.

Google mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Komisi Eropa untuk "menangani berbagai keresahan".

Sebelumnya tahun ini jaksa agung negara bagian Texas di Amerika meluncurkan penyelidikan serupa setelah sejumlah perusahaan, termasuk Foundem, mengajukan keluhan.

Keluhan di kedua kasus penyelidikan ini adalah dari perusahaan-perusahaan saingan Google yang menuding Google memanipulasi hasil pencarian.

"Komisi Eropa memutuskan untuk membuka penyelidikan antimonopoli terhadap tuduhan bahwa Google menyalahgunakan posisinya yang dominan dalam pencarian online," kata Komisi itu.

"Sejak awal google bekerja keras melakukan hal yang benar bagi pengguna kami dan bagi industri ini," demikian pernyataan tertulis Google.

"Tetapi selalu ada tempat untuk perbaikan, jadi kami akan bekerja sama dengan Komisi untuk menangani masalah ini."


Sumber : BBC.co.uk
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger