Home » , » SMS Saat Mengemudi: Denda Rp 750.000 atau Dikurung 3 Bulan

SMS Saat Mengemudi: Denda Rp 750.000 atau Dikurung 3 Bulan


Di negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa, menggunakan telepon sambil mengemudi diharamkan. Pasalnya sangat berbahaya karena perhatian pengemudi terbagi (distraction). Nah kini, aturan seperti itu mulai diterap di Indonesia, khusunya Jakarta. Kalau, Anda kedapatan menelpon sembari mengemudi oleh polisi, pasti akan ditilang. Aturan itu mulai berlaku hari ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa mengatakan, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah diterbitkan sejak Juni 2009 dan terus disosialisasikan ke masyarakat. Royke memerintahkan, semua aparat kepolisian di Jakarta wajib menilang.

"Sudah saatnya ditertibkan karena membahayakan. Bisa menyebabkan kecelakaan diri sendiri atau pengguna jalan lain," tegas Royke.

Dalam Undang-Undang disebutkan, pengemudi yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan, yang mengakibatkan gangguan konsentrasi mengemudi, dikenakan sanksi: denda paling banyak Rp 750.000 atau kurungan paling lama 3 bulan.

"Rp750.000 itu maksimal. Jumlah denda persidangan yang menentukan. Intinya ditilang dulu, SIM-nya ditahan," jelas Royke.

Terkait dengan penerapan aturan ini, berbagai tanggapan bermunculan dari warga Ibukota. Nuryono, 56, yang berprofesi sebagai supir mengaku setuju dengan regulasi tersebut. Ia berpendapat, pengemudi wajib fokus ke jalan saat mengemudi.

"Saya sangat setuju. Cuma dendanya itu mahal banget, masa sampai Rp 750.000. Kalau bisa diturunkan sedikit," komentar Nuryono.

Intan Raditiya, 28, ibu rumah tangga. juga mendukung aparat kepolisian untuk menilang pengendara yang mengetik atau mebaca pesan teks di telepon seluler (ponsel) karena mengurangi konsentrasi pengemudi. Menurutnya ada beberapa fitur aplikasi yang banyak berguna di ponsel, sangat berguna saat macet. Misalnya info jalan dan lain-lain.

"Kalau buat telepon masih boleh lah, karena bisa diakali menggunakan handsfree. Tapi kalau jalan macet, BB (blackberry) menjadi teman setia karena banyak informasi yang bisa diperoleh," jelasnya.

Sumber : otomotif.kompas.com
Share this article :

0 comments:

 
Support : Anas Arema.co.nr | Maya Chentil.co.nr | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Blog Berita Dan Info Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger